Masa Berdiri Kerajaan Demak, Kehidupan Politik Kerajaan Demak, Raja-raja Kerajaan Demak

Rabu, 12 April 2017

Biografi Sultan Trenggono, Silsilah dan Perjalanan Hidupnya

Biografi Sultan Trenggono, Silsilah dan Perjalanan Hidupnya - Sultan Trenggono adalah salah satu dari raja Kerajaan Demak. Sultan Trenggono inilah yang menurut sejarah Kerajaan Demak yang berhasil membawa Kerajaan Demak ke masa kaejayaannya. Masa kejayaan Kerajaan Demak di bawah Sultan Trenggono berhasil banyak meraih pencapaian yang sangat luar biasa. Silsilah Sultan Trenggono ini cukup menarik untuk dipelajari dan juga termasuk sangat panjang perjalanan hidupnya. Sebagai raja ke tiga, Sultan Trenggono mewarisi berbagai peninggalan Kerajaan Demak yang cukup masyhur dan masih ada sampai saat ini.

Biografi Sultan Trenggono
Biografi Sultan Trenggono
Diantara peninggalan Kerajaan Demak yang masyhur adalah Masjid Demak. Sejarah Masjid Demak ini menjadi peninggalan Kerajaan Demak yang paling populer dan berdiri tegak sampai saat ini. Kembali ke sejarah dan biografi Sultan Trenggono, jika Anda belum mengerti dan memahami biografi Sultan Trenggono, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan biografi Sultan Trenggono untuk Anda.

Biografi Sultan Trenggono

Sultan Trenggono memiliki nama lain Tung Ka Lo yang dilahirkan pada tahun 1483. Sultan Trenggono ini adalah raja ke tiga Kerajaan Demak dan memerintah pada tahun 1505 - 1518 kemudian tahun 1521 - 1546. Sebelum Sultan Trenggono menjadi raja, raja Demak sebelumnya adalah Adipati Unus dari Jepara. Menurut silsilah, Sultan Trenggono ini adalah anak dari Raden Patah dari istrinya yang bernama Ratu Asyikah. Ratu Asyikah sendiri adalah anak dari Sunan Ampel. Menurut Suma Oriental, Sultan Trenggono merupakan adik dari Pangeran Sabrang Lor/Raden Surya/Sultan Surya Alam, raja Demak sebelumnya (versi Serat Kanda).

Sultan Trenggono sendiri memiliki beberapa orang putera dan putri. Dari sekian banyak anak Sultan Trenggono salah stau yang paling populer adalah Sunan Prawoto yang dikemudian hari akan menjadi raja Demak yang menggantikan Sultan Trenggono menjadi raja Demak. Selain Sunan Prawoto, ada juga anaknya yang lain yaitu Ratu Kalinyamat yang menjadi bupati Jepara. Kemudian Ratu Mas Cempaka yang menjadi istri dari Sultan Hadiwijaya, dan Pangeran Timur yang kemudian menjadi adipati di wilayah Madiun yang berglar sebagai Rangga Jumena.

Silsilah Sultan Trenggono

Silsilah Sultan Trenggono menurut cerita dan sejarah yang dipercaya dalam tradisi Jawa, Sultan Trenggono adalah putra dari Raden Patah yang merupakan raja pertama Demak. Sultan Trenggono merupakan putra Raden Patah dari permaisuri Ratu Asikah yang juga merupakan putri dari Sunan Ampel. Sultan Trenggono merupakan adik kandung dari Pangeran Sabrang Lor atau Sultan Surya Alam dan juga ada yang populer menyebutnya dengan Adipati Unus. Sultan Trenggono sendiri juga memiliki putra dan putri beberapa orang. Salah satu yang paling populer tentunya adalah Sunan Prawoto yang kelak akan menggantikannya.

Prabu Brawijaya V:-----> Raden Patah ----->Pangeran Trenggono ----->Putri Trenggono + Kanjeng Prabu Hadiwidjojo (Joko Tingkir) ----->Pangeran Benowo ----->Raden Purboyo Damar -----> tumenggung Rodjoniti ----->Kyai Nursalim -----> Raden Ngabehi Nuriman.

Sultan Trenggono Menjadi Raja Demak

Sebelum Sultan Trenggono diangkat menjadi raja, Demak dipimpin oleh Pangeran Sabrang Lor atau akrab disebut Pati Unus. Pati Unus ini tidak terlalu lama memimpin Demak sebagai raja, ia meninggal dalam usia yang masih muda. Setelah Sabrang Lor mangkat, terjadilah perebutan tahta Demak antara Sultan Trenggono dengan Raden Kikin yang populer seabagi Pangeran Sekar Sedo Lepen yang artinya "bunga yang gugur di sungai". Diberi nama Sekar Sedo Lepen karena ia mati di sungai oleh orang suruhan dari Raden Mukmin (Sunan Prawoto) yang merupakan anak dari Sultan Trenggono.


Nah teman-teman, itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai biografi Sultan Trenggono dan sekaligus silsilah Sultan Trenggono. Semoga sedikit informasi mengenai biografi Sultan Trenggono di atas bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita semua mengenai sejarah Kerajaan Demak terutama mengenai biografi Sultan Trenggono.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Biografi Sultan Trenggono, Silsilah dan Perjalanan Hidupnya

0 komentar:

Posting Komentar