Masa Berdiri Kerajaan Demak, Kehidupan Politik Kerajaan Demak, Raja-raja Kerajaan Demak

Minggu, 02 April 2017

Kehidupan Politik Kerajaan Demak Pada Masa Sultan Trenggono

Kehidupan Politik Kerajaan Demak Pada Masa Sultan Trenggono - Perjalanan Kerajaan Demak sebagai salah satu kerajaan Islam di tanah Jawa memang cukup panjang. Kerajaan Demak sendiri adalah kerajaan Islam pertama di Jawa. Raja pertama Kerajaan Demak adalah Raden Patah yang kemudian dilanjutkan oleh Adipati Unus. Kehidupan politik Kerajaan Demak pada masa Raden Patah ini lebih banyak untuk meletakkan dasar dalam bernegara yang menggunakan syariat Islam dengan dukungan para Walisongo. Sedangkan kehidupan politik pada masa Adipati Unus, tidak terlalu mengalami perkembangan yang signifikan karena Adipati Unus tidak terlalu lama menjabat sebagai raja. Peran Pati Unus lebih besar ketika beliau menjadi pimpinan perang dan menyebrangi laut utara untuk menyerbu Malaka.

Kehidupan Politik Kerajaan Demak Pada Masa Sultan Trenggono
Sultan Trenggono
Setelah Adipati Unus atau Pangeran Sabrang Lor gugur dalam medan pertempuran, maka tahta Kerajaan Demak kemudian dipegang oleh Sultan Trenggono. Sultan Trenggono memerintah Kerajaan Demak dari tahun 1521 sampai dengan 1546. Pada masa Sultan Trenggono inilah kerajaan Demak mencapai masa kejayaannya. Kehidupan politik Kerajaan Demak pada masa Sultan Trenggono benar-benar berada pada puncaknya dan mencapai masa jayanya. Kehidupan politik, sosial dan ekonomi kerajaan Demak yang benar-benar stabil dan maju ini kemudian melahirkan beberapa kebijakan dari Sultan Trenggono untuk berinisiatif memperluas daerah kekuasaan Kerajaan Demak. Bahkan perluasan daerah Kekuasaan Demak ini mencapai daerah Jawa Barat.

Kehidupan Politik Kerajaan Demak Masa Sultan Trenggono

Perluasan daerah kekuasaan Demak ini dimulai pada tahun 1522 dengan mengirimkan pasukan ke Jawa Barat yang pada waktu itu dipimpin oleh Fatahillah. Misi tersebut sangat berhasil dan daerah yang berhasil dikuasai di Jawa Barat antara lain adalah Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon. Tujuan dari penguasaan daerah Banten oleh Demak ini adalah untuk memutus hubungan antara Portugis dengan kerajaan Padjajaran. Armada dari Portugis kemudian berhasil dikalahkan oleh pasukan dari Demak dibawah pimpinan Fatahillah. Dan kemudian daerah Sunda Kelapa kemudian dirubah namanya menjadi Jayakarta.

Perluasan daerah kekuasaan Demak pada masa Sultan Trenggono tidak saja di lakukan di Jawa Barat saja, namun juga mencapai daerah Jawa Timur. Untuk perluasan daerah ke Jawa Timur, Sultan Trenggono berinisiatif untuk memimpin langsung misi tersebut. Satu demi satu, daerah-daerah di Jawa Timur bekas kekuasaan Majaphit berhasil dikuasai oleh Demak. Mulai dari Madiun, Tuban dan Malang berhasil dikuasai oleh Sultan Trenggono.

Namun kemudian dalam upayanya menguasai Pasuruan, Sultan Trenggono meninggal. Meninggalnya Sultan Trenggono ini masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Ada beberapa yang menyebut bahwa meninggalnya Sultan Trenggono karena dibunuh oleh anak kecil yang merupakan pembantunya ketika sedang dalam suasana rapat. Pada masa kejayaan Kerajaan Demak, Sultan Trenggono pernah berkunjung kepada Sunan Gunung Jati yang kemudian Sultan Trenggono mendapatkan gelar Sultan Ahmad Abdul Arifin.

Nah teman-teman, itulah sedikit informasi mengenai kehidupan politik Kerajaan Demak pada masa Sultan Trenggono yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Perlu diketahui bahwa Kerajaan Demak pada masa Sultan Trenggono ini benar-benar menjadi kerajaan Islam yang berpengaruh di tanah Jawa dan bahkan di nusantara. Sekian dulu dari kami, semoga sedikit informasi yang kami sampaikan mengenai kehidupan politik Kerajaan Demak pada masa Sultan Trenggono di atas bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai sejarah Kerajaan Demak.

Dan tak lupa selalu kami mohonkan kepada para pembaca sekalian, jika ada kekurangan atau kekeliruan dari kami mengenai informasi terkait kehidupan politik kerajaan Demak pada masa Sultan Trenggono, kami harapkan Anda sekalian bersedia memberikan koreksi melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kehidupan Politik Kerajaan Demak Pada Masa Sultan Trenggono

0 komentar:

Posting Komentar