Masa Berdiri Kerajaan Demak, Kehidupan Politik Kerajaan Demak, Raja-raja Kerajaan Demak

Jumat, 31 Maret 2017

Kehidupan Politik Kerajaan Demak Pada Masa Kekuasaan Adipati Unus

Kehidupan Politik Kerajaan Demak Pada Masa Kekuasaan Adipati Unus - Kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa, adalah sebuah kerajaan yang didirikan oleh Raden Patah. Raden Patah pada masa pendiriaanya, mendapatkan dukungan penuh dari Walisongo yang merupakan penyebar Islam di tanah Jawa. Pada masa berdirinya Kerajaan Demak, peran Raden Patah sebagai pendiri sangatlah besar. Tentu tidak bisa dipisahkan ketika masa berdirinya Kerajaan Demak ini dengan Raden Patah maupun dengan Walisongo. Raden Patah ini sebagai pendiri Kerajaan Demak sekaligus juga sebagai raja pertama kerajaan Demak. Sebagai raja pertama di Kerajaan Demak, maka Raden Patah memiliki peran penting dalam meletakkan pondasi dan dasar dalam bernegara. Pada masa awal perjalanan Kerajaan Demak, kehidupan politik Kerajaan Demak masa Raden Patah ini cukup stabil.

Kehidupan Politik Kerajaan Demak
Kehidupan Politik Kerajaan Demak
Dalam perjalanannya, Kerajaan Demak ini pernah dipimpin oleh tiga raja yaitu, Raden Patah, Adipati Unus dan terakhir Sultan Trenggono. Dari masing-masing raja ini, tentu kehidupan politik Kerajaan Demak berbeda-beda. Kehidupan politik Kerajaan Demak pada masa Raden Patah tentu tidak sama dengan kehidupan politik Kerajaan Demak pada masa Adipati Unus. Nah, untuk kesempatan kali ini, akan kami sampaikan sedikit penjelasan mengenai kehidupan Politik Kerajaan Demak pada masa Adipati Unus.

Kehidupan Politik Kerajaan Demak Masa Adipati Unus

Kehidupan politik masa Adipati Unus ini sangat berebeda dengan masa kehidupan politik kerajaan Demak sebelumnya. Keadaan pada masa awal berdirinya Kerajaan Demak pada masa Raden Patah lebih kepada masa pembangunan dan peletakan dasar Kerajaan Demak, sedangkan pada masa Adipati Unus ini lebih kepada perluasan daerah kekuasaan. Adipati Unus menjadi raja Demak setelah Raden Patah meninggal dunia. Adipati Unus ini tidak begitu lama memerintah Kerajaan Demak, dimulai pada tahun 1518-1521 M. Adipati Unus tidak lama memerintah Demak, ia meninggal dalam usia yang masih muda dan tidak meninggalkan putera.

Meski Adipati Unus memerintah hanya sebentar saja, namun usaha dalam rangka untuk memperluas daerah kekuasaan cukup besar. Diantaranya adalah dengan pasukan Demak menyerang Portugis di Malaka. Sebenarnya, rencana serangan ke Malaka ini sudah direncanakan sejak Raden Patah masih hidup, yaitu sejak tahun 1509 yang sayangnya didahului oleh Pertugis pada tahun 1511. Kemudian baru terlaksana pada tahun 1512 dengan Adipati Unus mengirimkan pasukannya untuk menyerang Portugis. Namun sayang, pada serangan pertama tersebut pasukan Adipati Unus dihujani meriam oleh Portugis.

Gagal pada serangan pertama, Adipati Unus kemudian melakukan serangan lagi pada tahun 1521 namun tetap gagal meski kapal sudah direnofasi disesuaikan dengan medan yang ada. Adipati Unus (Patih Yunus) wafat pada tahun 938 H/1521 M. Adipati Unus ini perannya lebih besar tatkala Raden Patah masih menjadi raja, ia bahkan berhasil mengalahkan Kerajaan Majapahit yang beragama Hindu dan saat itu menjalin kerjasama dengan Portugis.

Nah teman-teman, itulah sedikit informasi mengenai kehidupan politik Kerajaan Demak pada masa Adipati Unus yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga sedikit informasi mengenai kehidupan politik Kerajaan Demak pada masa Adipati Unus di atas bisa menambah pengetahuan kita dan wawasan kita tentang sejarah Kerajaan Demak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kehidupan Politik Kerajaan Demak Pada Masa Kekuasaan Adipati Unus

0 komentar:

Posting Komentar